Komp. D’Casa Grande No. 21 Jl. Cisaranten Kulon, Arcamanik, Kota Bandung 40293

0812 2164 0075 WA

Pelatihan Hidroponik Dasar Untuk Pemula di Bandung 2019

Pelatihan Hidroponik Medan, Pelatihan Hidroponik Makassar, Pelatihan Hidroponik Magelang, Pelatihan Menanam Hidroponik, Kursus Hidroponik Malaysia, Kursus Hidroponik Malang, Kursus Hidroponik Medan, Pelatihan Meracik Nutrisi Hidroponik, Kursus Online Hidroponik, Pelatihan Hidroponik Purwokerto, Pelatihan Hidroponik Palembang, Pelatihan Hidroponik Pekanbaru, Pelatihan Hidroponik Pdf, Pelatihan Hidroponik Purwakarta, Pelatihan Hidroponik Pemula, Pelatihan Hidroponik Privat, Rab Pelatihan Hidroponik, Pelatihan Hidroponik Surabaya, Pelatihan Hidroponik Semarang, Pelatihan Hidroponik Sidoarjo, Pelatihan Hidroponik Surabaya 2018, Pelatihan Hidroponik Solo, Pelatihan Hidroponik Samarinda, Pelatihan Hidroponik Subang, Pelatihan Hidroponik Trubus, Pelatihan Tanaman Hidroponik, Pelatihan Tanaman Hidroponik Di Jakarta, Pelatihan Tanaman Hidroponik Di Surabaya, Pelatihan Tanam Hidroponik, Pelatihan Tanaman Hidroponik Di Bali, Pelatihan Tanaman Hidroponik Di Medan, Pelatihan Tanaman Hidroponik Di Yogyakarta, Pelatihan Usaha Hidroponik, Video Pelatihan Hidroponik, Pelatihan Hidroponik Yogyakarta, Pelatihan Hidroponik 2018, Pelatihan Hidroponik 2018 Jakarta, Pelatihan Hidroponik 2018 Surabaya, Kursus Hidroponik 2019, Kursus Hidroponik 2018

Pelatihan Hidroponik Dasar Untuk Pemula di Bandung 2019

Cara Bertanam Selada Sayuran Hidroponik

Selada termasuk kelompok sayuran daun yang berasal dari daerah yang beriklim sedang. Daun selada memiliki bentuk, ukuran, dan verietas yang beragam, tergantung varietasnya.  Selada dapat tumbuh didataran tinggi maupun rendah. Perbanyakan selda dilakukan dengan biji. Penyemaian selada dengan memasukan biji ke dalam media tanam rockwool. Selanjutnya setelah  tumbuh 3-4 daun sejati masa pembesaan dimulai.  Masa panen selada 2-3 bulan setelah tanam. Menanam selada secara hidroponik dapat dilakukan dengan sistem wick atau NFT (Nutrient Film Tehnique)

Jenis Selada

Selada Kriting Lollo Verde, Selada kriting dengan Daun ramping dengan ujung bergelombang

Lollo rosso, Selada kriting dengan ujung dedaunan berwarna kemerahan

Iveberg lettuce, Selada bokor. Selada dengan bonggol besar dan lembaran daun berlapis-lapis padat

Romaine lettuce, Selada dengan daun lebar berwarna hijau

Boston lettuce.disebut juga  Selada batavia. Daun bergelombang dan memiliki bonggol di bagian pangkalnya dengan helaiain daun yang lepas

Raddicchio, memiliki daun berwarna merah gelap dengan semburat putih pada bagian batang

Butterhead, daun membentuk krop tetapi tidak terlampau padat dan berdaun licin

1.    Lollo verde
Di Indonesia, dikenal juga dengan sebutan selada keriting. Memiliki daun yang ramping dengan bagian ujung bergelombang. Tulang daunnya empuk,  berwarna putih. Biasanya daun selada keriting ini berwarna hijau muda hingga kuning muda. Cita rasanya netral,  cocok  dipadukan dengan beragam dressing.

2.    Lollo rosso
Berada pada kategori yang sama dengan selada keriting. Bedanya, jenis dedaunan ini ujungnya berwarna kemerahan. Teksturnya lembut, namun tetap renyah. Dipercaya mengandung antioksidan jenis quercetin yang tinggi. Kerap digunakan sebagai campuran dalam mesclun.

3.    Iceberg lettuce 
Kerap disebut selada bokor. Merupakan jenis selada dengan bonggol yang besar dengan lembaran daun berlapis-lapis yang padat. Teksturnya renyah dengan cita rasa segar. Di beberapa negara Eropa, selada jenis ini hanya bisa ditemukan pada musim panas. Setelah dipanen, selada bokor harus segera dikonsumsi karena daya tahannya hanya sekitar 24 jam. 

4.    Cos/Romaine lettuce
Dipasarkan dengan nama yang sama di sini. Aslinya berasal dari Pulau Kos di Yunani. Daunnya lebar berwarna hijau dengan bentuk oval memanjang. Menjadi dasar untuk pembuatan cesar salad yang tersohor. 

5.    Boston lettuce/Escarole
Disebut juga selada batavia. Memiliki bonggol di bagian pangkalnya dengan helaian daun yang lepas. Daunnya sedikit bergelombang dan bercita rasa segar dengan tekstur renyah. Selain cocok sebagai campuran salad,  sering juga digunakan untuk  sandwich.

6.    Radicchio
Berasal dari keluarga chicory. Memiliki daun berwarna merah gelap dengan semburat putih pada bagian batang. Bentuknya bulat atau memanjang dan rasanya sedikit pahit. Populer dipakai dalam sajian salad dari dapur Italia. Karena  agak pahit, radicchio kerap dimasak terlebih dahulu. Terkadang ditambah wine untuk memperkaya rasa selada merah ini.

PELATIHAN DASAR HIDROPONIK BANDUNG

PELATIHAN HIDROPONIK CASAFARM
Hari/Tgl : Sabtu, 14 september 2019
Waktu : 09.00 s.d 14.00 wib

Tempat : 
KEBUN HIDROPONIK CASA FARM
JL. Cikadut No. 70 
Kota. Bandung 
CP/Wa. 0812 2164 0075 (Bpk. Haryana)

Fasilitas :
Snack & Makan Siang, Makalah Panduan Hidroponik, Starterkit Hidroponik Sederhana.

Materi:
– Pengenalan Dasar Hidroponik
– Hidroponik Wicksystem
– DFT dan NFT System
– Drip Irrigation System
– Dutchbucket System
– Floating System
– Penanganan Hama

Investasi : 350.000
Cara pendaftaran
Hub : WA/Telp. (081 221 6400 75) Bpk. Haryana

#hidroponik#hidroponikpemula#hidroponikindonesia#hidroponikmurah#hidroponiksederhana#hidroponikjogja#hidroponikbandung#hidroponikmudah#hidroponikuntuksemua#hidroponikjakarta#hidroponiksurabaya#hidroponikfun#hidroponikrumahan#hidroponikku#hidroponikjkt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *